Penjelasan kognitif,afektif dan psikomotorik

19 10 2009

DETAIL DOMAIN/RANAH
KOGNITIF

KEMA MPU AN MENGINGAT
(KNOWLED GE)
• HAL-HAL SPESIFIK (ISTILAH, NAMA, SIFAT, CONTOH, BAGIAN, KEJADIAN, DEFINISI, DLL)
• JALUR DAN ARTI HUBUNGAN (KONVENSI, KLASIFIKASI, KATEGORI, METODE, DLL)
• UNIVERSALITAS (PRINSIP, TEORI, HUKUM)
BUKAN MENJADI SASARAN UTAMA KBK

KEMAMPUAN MEMAHAMI
• TRANSISI/PENERJEMAHAN (DEFINISI, MAKSUD, DLL)
• INTERPRETASI/PENAFSIRAN (HUBUNGAN, RELEVANSI, SUSUNAN SESUAI URUTAN, DLL)
• JASTIFIKASI/PEMBENARAN (PROSEDUR, METODE, DLL)

KEMAMPUAN MENERAPKAN
• MENERAPKAN PRINSIP PADA SITUASI BARU
• MENERAPKAN TEORI DALAM PRAKTIK
• MENERAPKAN RUMUS UNTUK PEMECAHAN SOAL
• MENYUSUN SKEMA/DIAGRAM
• MENDEMONSTRASIKAN/MENUNJUKKAN PROSEDUR

KEMAMPUAN MENGANALISIS
• MENGANALISIS UNSUR-UNSUR (MENEMUKAN SESUATU YANG BELUM ADA DALAM SUATU INFOREMASI, MEMBEDAKAN SIMPULAN DAN FAKTA, DLL)
• MENGANALISIS HUBUNGAN (MENEMUKAN SEBABAKIBAT, MEMBEDAKAN ALASAN YANG RELEVAN DAN YANG TAK RELEVAN, DLL)
• MENGANALISIS PRINSIP YANG TERORGANISASI (MENEMUKAN BENTUK, FORMULA, POLA ATAU STRKTUR DARI SUATU HAL)

KEMAMPUAN MENYINTESIS
• MEMPRODUKSI SUATU KOMUNIKASI YANG UNIK (MEMBUAT RINGKASAN, MEMBUAT KARANGAN, IMAJINASI MASA DEPAN, DLL)
• MENYUSUN SUATU RENCANA KEGIATAN
• MENCARI DERIVAT SEPERANGKAT HUBUNGAN YANG ABSTRAK: MISAL MENYUSUN HIPOTESIS

KEMAMPUAN MENGEVALUASI
• MENILAI ATAS DASAR PERTIMBANGAN INTERNAL (MENILAI DARI SEGI KECEPATAN, KETEPATAN, KERAPIAN,
KEAJEGAN/KONSISTENSI, KERASIONALAN, DLL DARI SUATU HAL)
• MENILAI ATAS DASAR PWERTIMBANGAN EKSTERNAL (MENILAI DARI SEGI EFISIENSI, EFEKTIVITAS, NILAI EKONOMIS, NILAI PRAKTIS, NILAI TERAPANNYA DI MASYARAKAT, DLL)

DETAIL DOMAIN/RANAH
AFEKTIF

1. Kemampuan menerima (receiving)

* menunjukkan kesadaran tentang pentingnya belajar
* menunjukkan sensivitas terhadap problem sosial (misalnya mau meminjami buku)
* mendengarkan dengan perhatian penuh
* menerima perbedaan suku serta budaya
* melibatkan diri secara penuh terhadap aktivitas kelas
* mengontrol jawaban (tidak asal menjawab)

2. Kemampuan merespon (responding):
• mengikuti/menyetujui aturan yang berlaku
• menghargai pendapat/kebijaksanaan
• mau menyelesaikan tugas rumah ataupun tugas laboratorium
• ikut suatu kegiatan secara sukarela (volunteer)
• aktif dalam diskusi kelas
• menyambut gembira keputusan yang diambil bersama
• dengan tulus memuji karya/penampilan orang lain

3. Kemampuan menilai atau memaknakan (valuing):
• mendukung argumen orang lain
• mendebat hal-hal yang tak relevan
• mengajukan argumentasi atas jawaban yang diberikan
• memprotes hal-hal yang tidak benar
• menunjukkan tanggung jawabnya terhadap pembaharuan sosial/masyarakat
• menunjukkan sikap mau memecahkan masalah
• menunjukkan perhatian yang besar terhadap kesejahteraan sesamanya

4. Kemampuan mengorganisasi (organizing):
a. Konsepsualisasi nilai
* membandingkan dengan suatu standar (misalnya kesopanan, kebersihan, kepantasan, kerapihan)
* menghargai kebutuhan yang seimbang antara kebebasan dan tanggung jawab
* menghargai peran perencanaan yang sistematik dalam pemecahan masalah
* mengakui kelebihan dan kelemahan diri
b. Organisasi sistem nilai
* menyusun kriteria/aturan
* menyusun rencana sesuai dengan minat, tanggungjawab, serta keyakinannya

5. Karakterisasi nilai, misalnya
• dinilai baik oleh teman-teman, guru, ataupun anggota kelompoknya
• menghindari konflik
• menentang tindakan yang boros
• mengatasi akibat yang tak dikehendaki
• menunjukkan kepercayaan diri dalam kerja individual
• menggunakan pendekatan obyektif dalam memecahkan masalah
• menunjukkan disiplin dan produktivitas yang tinggi
• mampu bekerjasama dalam kerja kelompok
• memelihara cara hidup yang sehat
• menunjukkan kesadaran yang tinggi

DETAIL DOMAIN/RANAH
PSIKOMOTOR
MENURUT SIMPSON

PERSEPSI (KEMAMPUAN MENANGKAP STIMULUS, MENERIMA ISYARAT, DAN MENTRANSLASIKAN KE DALAM AKSI), MISALNYA:

DAPAT MENUNJUKKAN ADANYA GANGGUAN MESIN BERDASARKAN SUARA YANG TERDENGAR
• MEMADUKAN GERAK LANGKAH DENGAN SUARA MUSIK

2. KESIAPAN UNTUK BERPERAN
AKTIF, MISALNYA:
• MENGUASAI URUTAN LANGKAH KEGIATAN
• MENDEMONSTRASIKAN POSISI YANG BENAR

1.RESPONS TERPANDU, MISALNYA:
• MENIRUKAN GERAKAN SESUAI INSTRUKSI/ KRITERIA YANG TELAH DITETAPKAN
• MENDEMONSTRASIKAN CARA MERAWAT GIGI

4. MEKANISME,MISALNYA:
• MENDEMONSTRASIKAN CARA MENCARI BAYANGAN BENDA MENGGUNAKAN MIKROSKOP
• MENDEMONSTRASIKAN CARA MENGGUNAKAN SLIDE PROJECTOR
• MENDEMONTRASIKAN CARA MELUKIS

5. RESPON YANG KOMPLEKS, MISALNYA:
• MENDEMONSTRASIKAN CARA MENGGERGAJI KAYU MEMAKAI GERGAJI MESIN
• MENDEMONSTRASIKAN CARA MENGEMUDI KENDARAAN

6. ADAPTASI, MISALNYA:
• MENDEMONSTRASIKAN CARA MENGENDARI MOBIL MENGHINDARI RINTANGAN
• MENDEMONSTRASIKAN CARA BERENANG PADA DAERAH PUSARAN AIR

7. ORIGINASI, MISALNYA:
• MENDEMONSTRASIKAN CIPTAAN GERAK TARIAN YANG BARU
• MENCIPTAKAN MODE PAKIAN BARU


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: